Soal Usulan Hapus NPL UMKM di Bawah Rp5 Miliar, OJK Masih Kaji serta Koordinasi Lembaga Terkait

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan OJK memberikan penjelasan tentang ramainya berita usulan sebab perbankan untuk menghapus pengaruh bermasalah atau Non Perfoming Loan (NPL) UMKM di bawah Rp5 miliar.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot langsung meluruskan informasi yang berkembang dari acara Webinar pada hari Rabu tanggal 28 April 2021 lalu. Bahwa usulan penghapusan Kredit NPL UMKM berasal dari industri yang ingin berperan rajin dalam pengembangan segmen UMKM dengan target di berasaskan 30% pada tahun 2024.

“Oleh sebab itu, OJK lebih zaman perlu mengkaji dan berkoordinasi dengan berbagai lembaga dan kementerian terkait dalam merespons usulan tersebut, ” ujar Sekar dalam keterangan resminya di Jakarta (30/4/2021).

Baca Selalu:   Jaga Momentum Pulihnya Ekonomi Global, OJK Terlantas Program PEN untuk UMKM 

Dia mengakui saat ini medium dibahas strategi memperluas cakupan pembiayaan UMKM kepada bangsa yang memiliki prospek jalan UMKM. Seiring tren perubahan model bisnis dengan pendampingan dan dukungan teknologi informasi dan digitalisasi guna menimbulkan bisnis UMKM. “Semua itu untuk mendorong program pemulihan ekonomi nasional, ” sebutnya.

Sebelumnya Utusan Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Slamet Edy Purnomo dalam webinar di Jakarta memberikan contoh bila kala dulu ada program pengaruh tani yang membuat banyak masyarakat masuk dalam bagian kredit macet.