Klasik, Tumpang Tindih Aturan Hambat Pabrik Hasil Tembakau

Klasik, Tumpang Tindih Aturan Hambat Pabrik Hasil Tembakau

JAKARTA – Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan bahwa industri hasil tembakau (IHT) menghadapi beberapa tantangan dalam roadmapnya 5 tahun ke depannya. Salah satunya, adalah bentrokan hajat antar kementerian yang menaungi pabrik ini.

“Ada Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Pertanian (Kementan), dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang berperan sebagai stakeholders dominan dalam IHT, ” ungkap Susi dalam webinar Akurat yang bertema “Menuju Roadmap Industri Hasil Tembakau (IHT) yang Mengedepankan Kedaulatan serta Kemandirian Bangsa” di Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Baca Juga:   Apa Benar Harga Rokok dalam Indonesia Terlalu Murah? Ini Sebutan Bea Cukai 

Semenjak ada pandemi Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang berada dalam bawah koordinasi Kemenko PMK serupa turut berkomunikasi secara intens secara Kemenko Perekonomian.

“Kami sering berkomunikasi secara intens sekali karena selama ada Covid-19, aspek kesehatan juga ada di bawah kami. Ini bisa menjadi modal yang cukup cantik, tapi pastinya ada posisi bertentangan dari masing-masing kementerian itu di dalam memandang IHT, ” lanjut Susi.